Thursday, January 9, 2014

BERSIAP-SIAGALAH






Kerja dakwah adalah kerja terus menerus hingga akhir hayat. Perlu diadakan pembagian tugas yang jelas kepada para da’i berdasarkan kafa’ah yang mereka miliki. Yang terkait dengan kerja lapangan, di PKS terdapat pandu keadilan. Motto pandu PKS adalah “bersiap-siagalah” dimanapun mereka berada. Setiap ada panggilan dakwah maka anggota kepanduan harus berada di garda terdepan. Bergabung di barisan putri keadilan/santika selama kurang lebih empat tahun di DPD Kabupaten Magelang telah mengajarkan berbagai arti tentang dakwah dan kehidupan.
 

Dalam komunitas tersebut, muslimah dipersiapkan agar selalu siap siaga mengawal agenda-agenda dakwah. Kegiatan yang biasa diikuti oleh anggota santika adalah melakukan advokasi di daerah bencana, mengamankan jalannya aksi/demonstrasi, menjadi hadhonah /penjaga anak ketika ada seminar maupun kegiatan dakwah yang lain. Untuk melaksanakan tugas tersebut, anggota santika diberikan pembekalan terlebih dahulu. Persiapan secara fisik, dilakukan dengan melakukan olahraga bersama secara rutin dengan cabang olahraga yang bervariasi, ada senam, voli, badminton, renang maupun beladiri praktis. Pembekalan yang bersifat skill maupun keilmuanpun dilakukan seperti materi tentang survivel, tali-temali, baris berbaris, mendirikan tenda, mengemudikan kendaraan, dapur umum, P3K, psikologi massa dan ketrampilan lainnya. Tidak ketinggalan pula bekal untuk pembentukan mental misalnya, kegiatan yang mengasah keberanian, ketelitian, ketepatan waktu dan ketangkasan. Secara spiritual, setiap pandu keadilan juga harus memiliki komitmen dan keistiqomahan dalam mengamalkan rutinitas ibadah. Seperti membaca alqur’an, sholat, puasa sunnah dan amalan ibadah lainnya. Sehingga dengan perbekalan itulah mereka akan selalu siap jika diterjunkan di daerah yang membutuhkan seperti daerah krisis/ bencana.

Sunatullah, proses regenerasi terus terjadi, termasuk dalam santika. Apalagi, sebagai seorang muslimah, akan mengalami perubahan yang signifikan bergantung papa status mereka. Amanah dakwah ketika masih single, setelah menikah hingga menjadi seorang ibu akan berbeda. Namun yang pasti, dimanapun dan apapun status muslimah harus tetap berkontribusi dalam dakwah. Selamat berjuang saudariku, baik yang masih aktif di santika maupun yang sudah bergelut di area dakwah yang lain. Ma’annajah…Wallahu’alam.By Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates