Thursday, January 9, 2014

Shenella







Adalah nama seorang
 perempuan muda, energik dan ramah yang penulis temui ketika konferensi global movement of moderates bulan januari yang lalu. Dia adalah cucu salah satu pemateri konferensi yaitu Christopher H Weeramantry, mantan wakil presiden Mahkamah Tinggi internasional. Shenella Fernando merupakan penganut agama kristen yang taat. Pertemuan penulis dengan Shenella mengingatkan tentang pentingnya berdakwah dengan non muslim. 

Selama tiga jam bersama, ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh Shenella. Pertanyaan tentang bidang ilmu yang penulis geluti yaitu keuangan Islam, wudhu, sholat,al qur’an dan yang lain.
 Keterbatasan dalam komunikasi dalam bahasa Inggris membuat penjelasan yang diberikan penulis serasa tidak maksimal. Berharap untuk pertemuan yang akan datang, penulis dapat memberikan penjelasan dengan lebih baik.

Untuk kali pertamanya pula, penulis berada di kedai yang berisi tentang barang-barang orang China seperti, lampu merah, tempat meletakkan lidi ketika ibadah, gambar-gambar keramat bagi orang china dan berbagai barang serba berwarna merah yang penulis tidak ketahui namanya. Karena menemani Shenella yang tertarik membeli lampu, maka penulispun memasuki kedai tersebut. Selama ini penulis merasa anti berada di tempat tersebut, jangankan masuk ke dalam kedai, melihat kedai tersebut saja seakan menjadi hal yang tabu untuk di lakukan.

Beberapa hikmah yang diperoleh dari pertemuan dengan Shenella yang pertama adalahberdakwah dengan non muslim adalah sangat penting. Selama ini penulis lebih bersikap menutup diri dengan non muslim yang berada di sekeliling. Hanya bermuamalah dengan mereka tanpa ada niatan untuk memberikan penjelasan tentang agama Islam kepada mereka. Kedua,dalam berdakwah kita harus memiliki pemahaman Islam secara benar dan lengkap
 agar dapat memberikan informasi tentang Islam secara benar kepada non muslim. Ketiga, syukur tidak terkira bahwa hidayah itu sangatlah mahal, Alhamdulillah penulis dilahirkan dalam kondisi Islam dan hidayah hanyalah Allah yang memiliki. Prof Christopher H Weeramantry yang telah berumur 86 tahun, telah menulis buku tentang hukum Islam namun karena Allah belum menurunkan hidayah, maka sampai saat inipun beliau masih menjadi seorang kristian. Ya Allah, kokohkan keimanan kami..aamiin Wallahu’alam bishawab, by Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates