Thursday, January 9, 2014

Let’s Join to CCAC IIUM!!!





Garden of knowledge and virtue adalah motto kampus tempat saya belajar saat ini. IIUM, International Islamic University Malaysia adalah salah satu kampus Islam skala internasional yang didirikan oleh OKI diatas tanah wakaf kerajaan Malaysia dan hingga saat ini biaya operasional pendidikan mendapatkan subsidi dari kerajaan. Salah satu bagian yang unik di kampus biru ini adalah nuansa religius yang bisa dirasakan di setiap tempat, meski belum bisa dikatakan kampus yang Islami 100 %. Memang tidak mudah untuk menjaga ruh Islamiyah para mahasiswa di tengah tantangan global dewasa ini. Oleh karena itu, sejak didirikan, IIUM memiliki lembaga yang concern untuk meningkatkan spiritual dan meningkatkan keseimbangan intelektual mahasiswa. Lembaga tersebut dinamakan CCAC (Co-curricular Activity Centre) yang memiliki motto garden of nur and yakin. Di bawah koordinasi CCAC terdapat banyak kegiatan skill seperti wataniah/pramuka, tahfiz, debat (arab, English dan Malay), leadership dan management, family dan parenting, entrepreneurship, tae kwon do, gamelan, ketrampilan memasak dan menjahit, non Muslim package, study circle/halaqah, hookey, public speaking dan fardhu a’in.


Dari sekian paket program, yang pertama wajib diikuti oleh setiap mahasiswa S1 adalah study circle atau halaqah. Ada tiga halaqah yang harus mereka ikuti, yaitu halaqah fardhu ‘ain, halaqah 1 dan 2 yang selalu diujikan setiap akhir semester. Halaqah diadakan setiap seminggu sekali, selama 2 jam yang difasilitatori oleh para naqib/ah dengan mengacu pada kurikulum CCAC. Setiap halaqah berisi 15 mahasiswa dari jurusan yang berbeda, bercampur antara mahasisma local maupun foreigner tetapi terpisah antara putra dan putri. Halaqah ini biasanya diikuti oleh mahasiswa S1 semester tingkat satu hingga tiga. Setelah halaqah selesai, maka mahasiswa baru diperbolehkan untuk bergabung dalam skill yang lain, seperti debat, tahfiz, berenang, ketampilan memasak, dan lainnya.


Menjadi naqibah merupakan pengalaman yang sangat berharga. Berniat untuk ikut berkontribusi dalam menegakkan nilai-nilai Islam di lingkungan IIUM sekaligus menjadi ajang untuk sharing knowledge, maka saya mendaftar di CCAC sebagai naqibah. Setelah lulus seleksi administrative dan interview saya mulai bertugas menjadi fasilitator dengan mengikuti traning nuqaba terlebih dahulu, yang dilakukan selama 3 hari. Tugas menghandle halaqah awalnya memang cukup berat, saya harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan terlebih dahulu, dan sedikit kurang PD karena berhadapan dengan mahasiswa dari Negara lain. Tapi semakin lama semakin bersyukur, karena dari halaqah kita dapat sharing ilmu maupun problematika umat Islam dari Negara-negara yang berbeda, sekaligus mengasah ketrampilan dalam bahasa English.
 
Begitu pentingnya peran seorang naqib/ah dalam meningkatkan imunitas mahasiswa IIUM dari serangan budaya, trend yang semakin menjauhkan dari Islam. Mari kawan, bagi yang belum bergabung sebagai naqib/ah segeralah mendaftar dan ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pembentukan moral generasi muda. bagi kawan-kawan yang telah bergabung sebagai naqib/ah mari saling mendoakan semoga tetap istiqomah dan semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua..aamiin. By Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates