Thursday, January 9, 2014

Eighth Session “Success or Divorce”






Perceraian adalah sesuatu yang
 halal tetapi dibenci oleh Allah. Tidak boleh bagi seorang laki-laki maupun perempuan dengan mudah mengucapkan kata atau perbuatan yang menunjukkan ke arah perceraian. Demikian juga, perceraian bukanlah sebuah bahan candaan. 

Pasangan hendaknya
 bersabar jika terdapat permasalahan dan mencoba mencari jalan terbaik, untuk selanjutnya pasrah kepada Allah dan Rasulnya. Bagi seorang suami, diperbolehkan memukul, namun yang tidak memberikan akibat kepada tubuh sebagaimana Rasulullah menepuk istrinya dengan menggunakan siwak sebagai bentuk mengingatkan pasangan. Namun apabila pukulan tersebut menyakitkan bagi istrinya, maka hal ini tidak diperbolehkan. Sebagaimana diriwayatkan sebuah hadits ketika 17 perempuan datang menghadap Rasulullah karena dipukul oleh suami mereka. Kemudian rasulullah bersabda bahwa para suami tersebut bukanlah suami yang baik di antara umatnya.

Yang menentukan kesuksesan rumah tangga juga ditentukan oleh
 pemenuhan hak yang sesuai dari para suami kepada istrinya. Sebuah hadit meriwayatkan tentang aduan istri Abdullah bin Amr kepada Rasulullah setelah sekian lama berumah tangga, dia merasa tidak dipenuhi secara batin oleh suaminya. Abdullah bin Amr adalah seorang yang rajin beribadah hingga tidak ada waktu untuk istrinya. Ketika malam pertamapun, salah satu surat yang dibaca ketika sholat adalah Al baqarah hingga sholat selesai menjelang fajar. Kemudian Rasulullah menasehati kepada Abdullah bin Amr bahwa kita harus seimbang dalam menunaikan tiga hak, yaitu hak untuk Allah sebagai ‘abid, hak untuk tubuh kita, dan hak untuk istri. 

Resensi Workshop Orchards of Love “ Your guide to achieving peace & Serenity...The Right Way!” 3-4 Desember 2011 yang disampaikan oleh Syaikh DR Reeda Bedeir, Associate professor Al Azhar University dan trainer Al Maghribi Institute untuk area UK, Canada dan Malaysia. Acara dihadiri oleh 200 orang yang diselenggarakan oleh masjid SHAS IIUM, WAMY dan Al Futuwah ISTAC di IIUM.by Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates