Friday, January 10, 2014

Let’s EDUCATE Ummah!






Pertama kali mengajar, ketika duduk di sekolah menengah. Ketika itu, beberapa remaja dikumpulkan untuk membina anak-anak di desa, tepatnya di MADIN Ath thahiriyah. Berbekal semangat mengajar dan ilmu tentang Islam yang terbatas, akhirnya bismillah saya mulai mengajar.

Seiring waktu, alhamdulillah, saya berkesempatan untuk mengajar kalangan yang berasal dari berbagai usia. Mulai dari mengajar iqra untuk balita di educare dan anak-anak SD, tutor English untuk anak SMP sampai dengan menjadi guru Geografi, Biologi dan English untuk siswa kejar paket C yang usia para siswanya setara dengan ibu saya. Sungguh jika mengingat semua itu, rasanya ingin selalu tersenyum dan ingin kembali merasakan kesibukan menjadi seorang guru.
 

Kegiatan mengajar merupakan hal yang menyenangkan. Ada kepuasan tersendiri ketika kita berkesempatan untuk bertatap muka, menyampaikan sesuatu yang bermanfaat (transfer of knowledge) dan mendapatkan respon balik dari mereka. Bahkan tidak heran bagi kebanyakan orang, mengajar dapat menjadi obat penghibur ketika sedih maupun ketika sedang banyak masalah.

Pendidikan berperan dalam membina dan mengarahkan kehidupan seseorang. Pendidikan dalam hal ini adalah pendidikan multidimensi, yang mencakup segala bidang studi. Sistem pendidikan yang Islami diperlukan untuk menyelamatkan kehidupan di dunia dan akhirat. Peran guru dalam hal ini sangat penting dalam membimbing anak muridnya. Di zaman yang penuh tantangan seperti saat ini, diperlukan sosok guru yang memiliki komitmen untuk ikut menyelamatkan generasi yang akan datang dengan teguh memegang nilai-nilai Islami. Semoga para guru diberikan kemudahan, keikhlasan dan keistiqomahan dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. aamiin. Peluang mengajar ada dimana-mana, mari manfaatkan hal itu sebagai lahan amal kita. Menjadi guru, siapa takut? Let’s educate ummah! wallahu’allam. By Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates