Thursday, January 9, 2014

Sudahkah Aktiftas Kita Di Kampus Merupakan Rangkaian IBADAH Kita Kepada ALLAH?






Pertanyaan di atas adalah satu dari sekian banyak pertanyaan muhasabah di ujung tahun 2010. Meski bukan merupakan perayaan yang berdasarkan Al-qur’an dan assunah,akan tetapi peringatan tahun baru yang diadakan oleh PPI yang bekerjasama dengan FOTAR dan IKPM pada tanggal 31 Desember 2010 merupakan salah satu bentuk kegiatan positif yang dapat menghindarkan diri dari kegiatan sia-sia yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang dalam merayakan malam tahun baru. Bahkan terkadang kegiatan perayaan tahun baru secara umum sering membawa kemudharatan.

Tahun baru sebagai sebuah momentum. Menurut ustaz Yusuf, narasumber pertama pada acara di malam tersebut, refleksi tahun baru yang diadakan PPI adalah salah satu upaya untuk memaksimalkan momen akhir tahun sekaligus momen untuk bermuhasabah. Muhasabah adalah momen yang harus terus menerus dilakukan oleh manusia kepada Allah SWT. Seorang Muslim dituntut untuk senantiasa bermuhasabah tidak hanya pada setiap akhir tahun saja, tetapi hendaknya bermuhasabah dalam momentum yang lain juga seperti ketika bulan Ramadhan, berhaji bahkan tidak menutup kemungkinan kita dapat melakukan muhasabah setiap hari menjelang tidur.

Muhasabah adalah sebuah proses menuju perbaikan diri. Sebagaimana tertulis dalam surat Al-Hasyr ayat 18, Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Ayat lain yang memerintahkan manusia untuk selalu bermuhasabah juga tersirat dalam surat Al-Hadid ayat 16.

Muhasabah merupakan salah satu jalan menuju ketakwaan yang seiring sejalan dengan mu’ahadah, mujahadah, muraqabah dan mu’aqabah. Mu’ahadah adalah senantiasa berusaha mengikat janji antara manusia dengan Allah SWT. Mujahadah dilakukan dengan selalu melakukan perencanaan terhadap aktifitas yang dilakukan. Muraqabah dilakukan dengan selalu menjaga keikhlasan hati, menghindarkan diri dari sikap riya’dan sombong. Sedangkan mu’aqabah dilakukan dengan selalu menjaga agar diri kita tidak keluar dari dari apapun yang tidak diinginkan Allah SWT.

Selain tentang muhasabah, materi yang tidak kalah menarik pada malam tersebut adalah tentang motivasi. Ustaz Lukmanul Hakim mengingatkan kita agar selalu merasa sangat special. Dengan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki, setiap Muslim akan mencapai kesuksesan dunia dan akhirat. Dari sebuah riset disampaikan pula tentang empat kunci kesuksesan, yaitu keberuntunggan, kerja keras, pengetahuan dan akhlak. Kekurangan manusia pada umumnya adalah mudah berprasangka buruk dan kurang bersyukur atas semua yang telah diberikan Allah.
 

Selain berdoa bersama di awal tahun 2011 yang dipimpin oleh ustaz afdal, sholat tahajudpun menjadi bagian dari tentative acara pada malam tahun baru tersebut. Meski peserta yang tersisa hanya tujuh puluh lima persen dari jumlah peserta di awal acara,akan tetapi sholat malam tetap berjalan dengan khusyuk, sebagai imam adalah Ahmad Ilmi dan ustaz Yusrizal.

Alla kulli hal, mari senantiasa bersyukur atas waktu dan semua yang telah diberikan Allah kepada kita. Hidup adalah sebuah pilihan, mari rencanakan setiap aktifitas kita dan pastikan bahwa apa yang kita lakukan adalah bagian dari rangkaian ibadah kita kepada Allah. Syukran kepada panitia, semoga Allah selalu mempermudah segala aktifitas kita…Aamiin…Mari memulai 2011 dengan muhasabah! Wallahu’alam.by Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates