Thursday, January 9, 2014

Second Session “ Islam and Marriage “






Pernikahan tidak hanya sebuah kata namun merupakan kalimat kehidupan.
 Satu-satunya jalan yang halal hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam Islam adalah dengan pernikahan. Islam merupakan agama yang moderat, tengah-tengah. Tidak ada kerahiban dalam Islam dan tidak pula membebaskan manusia untuk melakukan pergaulan bebas.

Apakah
 motivasi bagi seorang muslim menikah? dengan menikah manusia dapat menyelamatkan diri dari budak hawa nafsu. Pernikahan merupakan pemenuhan kepuasan emosional dan seksual bagi manusia. Pernikahan merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah sebagaimana dalam Ar Rum ayat 21. Selain itu, Allah menciptakan nabi Adam dan Hawa memiliki unsur penciptaan, untuk mengembangkan komunitas. Sehingga dengan menikah, maka seorang muslim telah berkontribusi dalam membangun umat. 

Sebagaimana janji Allah, bahwa muslim yang telah menikah akan mendapatkan berbagai keutamaan. Diantaranya,
 akan diberikan kekayaan sebagaimana termaktub dalam surat Annur ayat 32. Allah memberikan hasanat dan dihitung sebagai sedekah ketika bercampur antara suami dan istri. Orang yang telah menikah juga akan mendapatkan jaminan pertolongan dari Allah sebagaimana sebuah hadits riwayat Tirmizi tentang tiga orang yang akan diberikan pertolongan oleh Allah. Pernikahan juga merupakan bentuk investasi, yang diwujudkan dengan lahirnya anak-anak shalih.

Model pernikahan ada tiga macam, yaitu pernikahan atas dasar cinta semata, pernikahan yang telah diatur biasanya oleh keluarga dan pernikahan yang Islami. Apakah pernikahan Islami itu? yaitu yang
 menikah karena Alah ta’ala, bukan karena cinta hawa nafsu.

Bagaimana seseorang mengetahui
 bahwa dia telah siap untuk menikah? Lima hal yang mengindikasikan seseorang telah memiliki kesiapan untuk menikah, yaitu matang secara fisik, emosi, mental dan keuangan. Keuangan maksudnya bahwa seorang laki-laki telah mampu memenuhi keperluan minimal untuk istri dan anak-anaknya, misalnya memberikan tempat tinggal (meski sewa), makanan serta pakaian.

Hal penting dalam
 melangkah ke dalam pernikahan adalah mengetahui diri kita sendiri, merencanakan pernikahan, meminta bantuan seseorang, mencari sumber informasi, melewati jalan yang syar’i dan mempersiapkan hari pernikahan.
Resensi Workshop Orchards of Love “ Your guide to achieving peace & Serenity...The Right Way!” 3-4 Desember 2011 yang disampaikan oleh Syaikh DR Reeda Bedeir, Associate professor Al Azhar University dan trainer Al Maghribi Institute untuk area UK, Canada dan Malaysia. Acara dihadiri oleh 200 orang yang diselenggarakan oleh masjid SHAS IIUM, WAMY dan Al Futuwah ISTAC di IIUM.By Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates