Thursday, January 9, 2014

Di Ambang RAMADHAN







Tidak terasa, bulan Ramadhan semakin dekat menyapa kita. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT yang juga lengkap dengan ganjaranNya yang menjulang. Ramadhan merupakan bulan yang utama, sebagaimana sebuah hadits yang menyebutkan "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa'." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i). Begitupula amalan puasa, memiliki keutamaan yang sangat besar di hadapan Allah sebagaimana hadits riwayat Muttafaq ‘alaih, “Allah SWT berfirman : Setiap amal yang dilakukan anak adam adalah untuknya, 'Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. la telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku.' Orangyang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kesturi."

Saat ini kita berada di bulan Sya’ban, di ambang Ramadhan. Bulan ini adalah kesempatan bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri secara fisik maupun mental dalam menghadapi bulan Ramadhan. Ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Sya’ban.

Pertama, memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Rasul mengajak untuk berpuasa di bulan ini adalah, sebagai latihan menghadapi medan pertempuran melawan hawa nafsu yang sesungguhnya yaitu ketika puasa fardhu di bulan Ramadhan. Dianjurkan juga untuk memperbanyak melakukan amalan sunnah yang lain, seperti sholat sunnah, membaca alqur’an, bersedekah dan lainnya. Selain itu sebuah hal yang penting bagi kita untuk menjaga kondisi fisik agar kesehatan tubuh kita terkondisikan di bulan Ramadhan.
 

Kedua, meningkatkan pemahaman seputar puasa. Seiring dengan perkembangan zaman hingga manusia harus menghadapi permasalahan yang semakin kompleks, banyak hal yang perlu diketahui oleh muslim terkait dengan seputar hukum dan fiqh puasa. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita memperkaya pengetahuan tentang puasa di bulan Sya’ban. Di era teknologi saat ini, informasi tentang seputar puasa dapat kita dapatkan darimana saja, sepanjang kita mau mencarinya dan meluangkan waktu untuk belajar. Hal ini dilakukan agar ketika bulan puasa nanti kita tidak menyia-nyiakan kesempatan yang Allah berikan di bulan Ramadhan dan dapat mengoptimalkan amal ibadah kita.

Ketiga, merasakan kegembiraan dan menyebarkan kegembiraan kepada muslim yang lain karena hari yang dinantikan segera tiba. Rasul SAW meyuruh kita untuk bergembira setiap hari, tidak ada tempat bagi seorang muslim untuk bersedih dan gelisah. Ketika Ramadhan tiba, maka setiap muslim akan merasakan kegembiraan dua kali, yaitu saat berbuka dan bertemu Allah (HR. Muslim). Jangan sampai terlintas dalam pikiran kita bayangan-bayangan kesedihan, kelaparan, kesulitan berdagang dan godaan tidak kuat berpuasa jika berpuasa selama bulan Ramadhan. Hanyalah orang munafik dan orang kafir yang tidak suka setiap Ramadhan menyapa.

Semoga kita dapat bertemu dengan bulan ramadhan kembali, diberikan kekuatan untuk beribadah secara maksimal, dan keluar dari madrasah Ramadhan dengan lulusan yang memiliki derajat ketaqwaan yang semakin meningkat.
 Allahumma baariklana fii rajab wa sya’ban, wa ballighna ramadhan... Ya Allah, berkahilah kami pada Rajab, dan Sya’ban dan sampaikan kami pada Ramadhan….Aamiin.By Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates