Thursday, January 9, 2014

Mystery Telephone Shopping





Kalo denger kata mystery pasti kita langsung membayangkan hal yang serem-serem dan mendebarkan..iya gak?Tapi ternyata, ga semua loh...mystery yang satu ini justru lucu dan sering membuat tertawa..he33. Ceritanya begini, ada kawan yang menawarkan pekerjaan sebagai interviewer. Langsung deh saya terima proyek tersebut. Pertimbangannya, karena hanya bekerja selama tiga hari di sela – sela jadwal kuliah, so kenapa tidak?.

Setelah melakukan 2 jam briefing, dimulailah pekerjaan menginterview, tepatnya saya dan beberapa kawan menginterview para staff bank CIMB. Kami berlakon seperti customer bank CIMB dengan menggunakan telepon. Kami harus dapat berperan sebagai calon customer yang ingin tahu tentang produk mereka dan mengusahakan agar staff CIMB tidak mengetahui jika sebenarnya performance mereka sedang diinterview. Inilah yang disebut Mystery Telephone Shopping. Diantara produk yang menjadi pertanyaan selama misteri telepon berlangsung adalah produk CIMB cliks, eMaster Card, Wadiah Teenage Saving Account, Youth Saved Account. Tujuan dari interview ini adalah bank CIMB melakukan penilaian kepada staffnya mengenai kesopanan dan pengetahuan produk.
 

Di sela-sela interview saya dan kawan-kawan sering tertawa, karena menyadari bahwa ketika interview kadang kami harus berperan bukan kami saat ini. Misalnya saya berperan sebagai sekretaris bos sebuah perusahaan, Ibu dari anak yang berumur 15 tahun, istri seorang pegawai yang kaya dan lainnya. Overall, saya menikmati pekerjaan interview ini. Kenapa? Karena saya dapat berinteraksi dengan staff CIMB, mengetahui bagaimana seorang pegawai melayani customer dan juga mendapatkan pengetahuan tentang produk – produk CIMB yang menarik seperti Gold Saving, air asia account dan fixed deposit. Tentang kesopanan, mayoritas para staff CIMB sopan dan dapat melayani customer dengan baik. Namun tentang pengetahuan produk, beberapa staff belum dapat menjawabnya dengan tepat.

Meski proyek tersebut telah berakhir, akan tetapi ada beberapa kalimat yang masih terdengar familiar di telinga. Hal in terjadi karena di setiap interview, para staff CIMB selalu mengucapkan kalimat tersebut. Diantara kalimat yang mereka ucapkan adalah Good morning, Zahra speaking, is there anything i can help u madam? thank you for calling CIMB and have a nice day...Lastly, thank you Amy for invited me to involve in this project.by Yuni YF

Share This!


About Alluring

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates